Plastik Dengan Kandungan BPA Bisa Diurai


Mukesh Doble dan Trishul Artham, dua ilmuwan berkebangsaan India berhasil melakukan eksperimen untuk mengurai plastik polycarbonate yang mengandung bisphenol A (BPA) dengan metode yang lebih ramah lingkungan. Polycarbonate sendiri merupakan plastik yang sangat kuat, dan digunakan di berbagai produk mulai dari kepingan CD dan DVD, lensa kacamata hingga pegangan obeng.

Bisphenol A adalah senyawa organik yang digunakan sebagai bahan pembentuk plastik. Berdasarkan penelitian-penelitian yang telah banyak dilakukan sebelumnya, senyawa tersebut berpotensi mengganggu kesehatan. Jika plastik yang mengandung senyawa tersebut dihancurkan, maka konsekuensi terkena senyawa berbahaya tersebut meningkat. Solusi amannya adalah menghancurkan plastik dengan metode yang lebih ramah lingkungan.

Kedua ilmuwan tersebut memberikan perlakuan awal terhadap polycarbonate dengan memaparkannya pada sinar ultraviolet dan dipanaskan. Kemudian tiga jenis jamur digunakan untuk menghancurkan polycarbonate tersebut. Prinsipnya sama dengan proses peragian, hanya saja jenis jamur yang digunakan adalah fabled white-rot, jamur yang secara komersial sudah banyak digunakan untuk remediasi lingkungan akibat polusi berat.

Jamur umumnya tumbuh subur pada media organik, namun uniknya, jamur yang digunakan dalam riset tersebut malah tumbuh lebih subur pada plastik. Menurut kedua ilmuwan tersebut, BPA dan bahan-bahan lainnya menjadi sumber pangan.

Hasil eksperimen yang juga membandingkan plastik dengan perlakuan awal dan yang tidak mengalami perlakuan awal, setelah 12 bulan menunjukkan bahwa plastik yang telah mengalami perlakuan awal tersebut mengalami dekomposisi dengan tidak meninggalkan senyawa BPA, sedangkan plastik yang tidak mendapatkan perlakuan awal tidak bisa diurai.

sumber: Senin, 01 Februari 2010 – 16:57:42
Tim Planethijau
http://planethijau.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=46&artid=1174

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: