Kurangi Emisi Karbon, Cina Miliki Kereta Tercepat Dunia

Transportasi publik dalam jumlah besar lebih ramah lingkungan dibanding kendaraan pribadi. Dengan jumlah pengendara yang sama dengan jumlah penumpang transportasi publik, maka emisi gas buang yang dikeluarkan kendaraan pribadi tentunya jauh lebih banyak. Meski demikian usaha untuk mendapatkan transportasi publik yang lebih ramah lingkungan terus dikembangkan.

Seperti yang dilakukan Cina beberapa waktu lalu. Cina memperkenalkan kereta tercepat di dunia sebagai usaha untuk menerapkan teknologi transportasi publik yang lebih ramah lingkungan. Jumlah penumpang yang bisa diangkut dalam satu waktu belumlah cukup. dengan mengurangi waktu tempuh, maka emisi karbon akibat jarak tempuh yang panjang bisa dikurangi. Alternatif inilah yang mendorong banyak negara, termasuk Cina untuk mengembangkan kereta cepat.

Pada perjalanan perdananya yang juga merupakan uji coba kereta tersebut, jarak antara Wuhan di Cina tengah dan Guangzhou di bagian selatan negara tersebut yang berjarak 1.068 kilometer, hanya ditempuh selama dua jam empat puluh lima menit, lebih cepat enam jam dari yang biasanya mencapai kurang lebih sembilan jam perjalanan dengan kereta biasa.

Hasil uji coba tersebut menunjukkan kecepatan rata-rata kereta mencapai 350 kilometer per jam. Kecepatan maksimum yang dicapai adalah 394,2 kilometer per jam. Tercatat kereta cepat di Jepang hanya mempunyai kecepatan 243 kilometer per jam, Jerman hanya 232 kilometer per jam, dan di Perancis hanya 277 kilometer perjam.

Untuk mengimbangi kecepatan tersebut, rencananya akan dibangun sebuah lajur khusus dengan menggunakan teknologi yang dikembangkan Siemens, Bombardier dan Alstom.

Cina tampaknya serius dengan pengembangan transportasi publik yang ramah lingkungan. Rencananya hingga 2012, sebanyak 42 jalur kereta cepat akan dibangun dan mempunyai jarak total sejauh 80.000 kilometer hingga 120.000 kilometer.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: