Depok Akan Tetapkan Denda Bagi Pemilik Kendaraan Tidak Lulus Uji Emisi

Saat ini sebuah PERDA yang mengatur emisi yang diijinkan bagi kendaraan bermotor sedang digodok oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok. Perda tersebut bertujuan untuk menurunkan tingkat pencemaran udara. Menurut BLH sebanyak 50% kendaraan pribadi yang uji emisi ternyata tidak lulus uji dibandingkan angkutan umum. Artinya, sebagian besar emisi yang dihasilkan kendaraan justru dihasilkan oleh kendaraan pribadi.

BLH, melalui Rahmat Subagyo selaku kepala Badan tersebut menyatakan akan mewajibkan angkutan kota untuk selalu mengikuti uji emisi bersamaan dengan uji kir. Nantinya kendaraan yang tidak lolos akan dikenakan denda, sementara yang lolos mendapatkan stiker. Menurut Subagyo, jika Perda tersebut bisa diberlakukan, maka diharapkan denda yang dikenakan, akan menjadi Pendapatan Asli Daerah.

Saat ini tingkat pencemaran tertinggi di Depok adalah di terminal Depok yang mencapai sepertiga ambang batas. Sebelumnya BLH Kota Depok juga telah melakukan pengukuran di 11 titik wilayah untuk mengukur tingkat pencemaran udara.

dikutip dari

Rabu, 10 Februari 2010 – 09:03:14
Tim Planethijau

http://planethijau.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=46&artid=1184

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: